Minggu, 02 Oktober 2016

Cinema 4D



CINEMA 4-DIMENSI

Pada kesempatan kali ini, saya akan mengulas secara singkat tentang Apa itu 4 Dimensi? Oke, tidak usah panjang lebar lagi mari kita simak ulasan berikut ini. Cekidot!! :D
Mari kita mulai dengan istilah Dimensi. Ada beberapa pendapat tentang definisi dari Dimensi, salah satunya yaitu: Dimensi adalah jumlah informasi yang diperlukan untuk menandai koordinat suatu peristiwa.


Pengertian  4D (4 Dimensi) adalah gambar 3D, yaitu gambar yang timbul pada suatu bidang, (misal: kertas, kain, tembok, dsb.) maka dapat dilihat hampir dari sudut 180 derajat dengan sangat baik. Dari gambar 3D itu, diberikan efek sesuai jenis/temanya. Misalnya efek sinar matahari, efek air mengalir, efek hujan atau angin, dll. Maka combinasi dari gambar 3D dengan efek nyata yang diberikan maka akan menghasilkan suatu dimensi baru yang disebut 4D (4 Dimensi).

Teknologi yang Digunakan: 
Teknologi yang digunakan pada film 4D pun sangatlah mumpuni dan berkualitas. Tidak berbeda jauh dengan format 3D, hanya saja efek dari film 4D ini, bukan hanya gambarnya saja yang keluar atau berasa hidup, melainkan ada getaran-getaran atau efek-efek nyata yg dihasilkan. Misalnya saja film-film animasi bertema kehidupan alam, ketika adegan di air, maka ada air yang menyipratkannya ke wajah kita, atau uap air menetes. Lalu ketika adegan gempa bumi, maka kursi yang kita duduki akan bergetar juga, memang unik dan mengasyikan.

Sumber gambar: www.varia.id

Film berformat seperti ini tidak hanya mengacu pada layar bioskop saja, melainkan beberapa aplikasi media seperti penggerak kursi yang menghasilkan getaran, uap air, serta beberapa efek lainnya, termasuk AC yang bisa tiba-tiba berubah menjadi sangat dingin saat adegan salju, dan Heater yang dapat memanas saat adegan padang pasir.
Banyak Cinema yang menayangkan film 4D sehingga penonton seolah-olah merasakan berada di dalam setting film tersebut. Cinema yang menayangkan film 4D memiliki ruang teater khusus yang dilengkapi dengan kursi yang dapat bergerak dan detil-detil efek lainnya .


Oke, sekian ulasan mengenai Teknologi 4 Dimensi. Semoga Informasi ini bermanfaat bagi kita semua...

Sumber : - https://stely-novenus.blogspot.co.id
                 - https://www.youtube.com/
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

EXPONEN

EXPONEN
Est. 2016