ELEMEN - ELEMEN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Siapa yang tidak
mengenal Desain Komunikasi Visual atau banyak orang menyebut DKV? Banyak
pengguna multimedia yang memanfaatkan kelebihan dan sajian yang diberikan dari
banyak penyedia Desain Grafis mulai dari Software, tamplate maupun file yang
dapat digunakan langsung.
Pada kesempatan kali
ini, saya akan mengulas sedikit tentang apa saja Elemen-Elemen Desain
Komunikasi Visual? Oke, tidak usah panjang lebar lagi mari kita simak ulasan
berikut ini.
~ Elemen-Elemen DKV ~
a)
Tata Letak Perwajahan (Layout)
Pengertian layout menurut Graphic Art Encyclopedia
(1992:296) “Layout is arrangement of a book, magazine, or other publication so
that and illustration follow a desired format”. Layout adalah merupakan
pengaturan yang dilakukan pada buku, majalah, atau bentuk publikasi lainnya,
sehingga teks dan ilustrasi sesuai dengan bentuk yang diharapkan.
b)
Tipografi
Menurut Frank Jefkins (1997:248) tipografi merupakan:
“Seni memilih huruf, dari ratusan jumlah rancangan
atau desain jenis huruf yang tersedia, menggabungkannya dengan jenis huruf yang
berbeda, menggabungkan sejumlah kata yang sesuai dengan ruang yang tersedia,
dan menandai naskah untuk proses typesetting, menggunakan ketebalan dan ukuran
huruf yang berbeda.
c)
Garis
Sebuah garis adalah unsur desain yang menghubungkan
antara satu titik poin dengan titik poin yang lain sehingga bisa berbentuk
gambar garis lengkung (curve) atau lurus (straight). Garis adalah unsur dasar
untuk membangun bentuk atau konstruksi desain.
d)
Bentuk
Bentuk disebut juga shape, dihasilkan dari garis-garis
yang tersusun sedemikian rupa. Bentuk ada yang berbentuk 2 dimensi (dwimatra)
dan 3 dimensi (trimatra). Penggunaan Bentuk yang efektif akan secara psikologi
memotivasi audience, menginspirasi audience dan memberikan tantangan kepada
audience, kadang tanpa si audience menyadari kenapa bisa termotivasi. Dan
setiap bentuk mempunyai arti tersendiri tergantung budaya, geografis dll.
e)
Ilustrasi
Ilustrasi dalam karya desain komunikasi visual dibagi
menjadi dua, yaitu ilustrasi yang dihasilkan dengan tangan atau gambar dan
ilustrasi yang dihasilkan oleh kamera atau fotografi. Menurut Wirya (1999:32)
ilustrasi dapat mengungkapkan sesuatu secara lebih cepat dan lebih efektif
daripada tekas
f)
Simbolisme
Simbolisme sangat efektif digunakan sebagai sarana
informasi untuk menjembatani perbedaan bahasa yang digunakan karena sifatnya
yang universal dibanding kata-kata atau bahasa. Bentuk yang lebihh kompleks dari
simbol adalah logo. Logo merupakan identifikasi dari sebuah perusahaan karena
logo harus mampu mencerminkan citra, tujuanjenis, serta objektivitasnya agar
berbeda dari yang lainnya.
g)
Warna
Warna merupakan elemen penting yang dapat mempengaruhi
sebuah desain. Pemilihan warna dan pengolahan atau penggabungan satu dengan
lainnya akan dapat memberikan suatu kesan atau image yang khas dan memiliki
karakter yang unik, karena setiap warna memiliki sifat yang berbeda-beda.
h)
Animasi
Penggunaan unsur-unsur gerak atau disebut animasi
khususnya dalam multimedia akan menimbulkan kesan tersendiri bagi yang
melihatnya.
i)
Suara
Suara merupakan elemen pentung pada desain komunikasi
visual .suara mempengaruhi bagus tidaknya suatu desain.
j)
Ruang (space)
Dengan ruang akan dirasakan jauh – dekat, tinggi –
rendah, panjang – pendek, kosong – padat, besar – kecil dll. Ukuran tersebut
sifatnya relatif. Dalam desain grafis ruang kosong bukan berarti ruang yang
tidak bermanfaat atau ruang yang harus diisi, justru ruang kosong adalah
komponen desain grafis. Dengan memanfaatkan ruang tersebut desain lebih mudah
dicerna, fokus sehingga lebih komunikatif dan menarik.
Oke, sekian ulasan mengenai saja Elemen-Elemen Desain Komunikasi Visual. Semoga Informasi ini
bermanfaat bagi kita semua...
Referensi :
1. https://ibrahimrisyad45.wordpress.com/2016/12/03/desain-komunikasi-visual-dan-seni-murni/
(Diakses pada 21 September 2017, Jam 23.20 WIB)
2. E-book yang berasal dari mufti_hayat@yahoo.com (Diakses pada 20
September 2017, Jam 19.25 WIB)
0 komentar:
Posting Komentar