Minggu, 11 Maret 2018

[RESUME] TEKNOLOGI GAME, BISNIS, IMPLEMENTASI HINGGA RANCANGAN GAME

TEKNOLOGI GAME, BISNIS, IMPLEMENTASI HINGGA RANCANGAN GAME
1. PERKEMBANGAN TEKNOLOGI GAME
Teknologi game terdiri dari dua kata, yaitu Teknologi dan Game. Teknologi adalah keseluruhan fasilitas untuk menyediakan sesuatu yang dibutuhkan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Secara umum teknologi dapat didefinisikan sebagai entitas, benda maupun bukan benda yang diciptakan secara terpadu melalui perbuatan dan pemikiran untuk mencapai suatu tujuan. Sedangkan Game adalah permainan yang menggunakan interaksi antarmuka  pengguna melalui gambar yang dihasilkan oleh piranti video.
Penjelasan lainnya, Game merupakan suatu alat yang sangat berpengaruh bagi kehidupan dan perkembangan teknologi yang ada. Game merupakan sebagian yang tidak terpisahkan bagi kehidupan seorang anak khususnya, merupakan hal yang dapat menyebabkan kecanduan kepada orang yang memainkannya, serta dapat menjadi alat refreshing penghilang penat dari segala rutinitas keseharian yang telah kita lalui.
Untuk bacaan lebih Lengkapnya, teman-teman dapat mengunjungi link dibawah ini :
https://musthovadhiqi.blogspot.co.id/2018/03/perkembangan-teknologi-game.html

2. IMPLEMENTASI GRAFIK KOMPUTER DALAM SEBUAH GAME
Implementasi sebuah game yang kita ambil sebagai contoh adalah “Need for Speed Underground 2 – (NFSU2)”. NFSU2 adalah permainan balap-membalap kedelapan dalam serial permainan video Need for Speed yang dikembangkan oleh EA Black Box dan diterbitkan oleh Electronic Arts tahun 2004. Underground 2 juga memperkenalkan beberapa SUV, yang dapat disesuaikan secara ekstensif seperti kendaraan Underground 2 lainnya dan biasa berpacu dengan pembalap SUV lainnya. Brooke Burke adalah suara Rachel Teller, orang yang membimbing pemain sepanjang permainan. Underground 2 didahului oleh Need For Speed: Underground dan diteruskan oleh Need For Speed: Most Wanted.
Pada saat dijamannya game ini memiliki tampilan yang sangat bagus, dengan teknik pencahayaan dan grafis yang sangat mumpuni. Tetapi jika dibandingkan dengan jaman sekarang, grafis dan pencahayaan game ini tidak ada apa apanya dan sangat ketinggalan jaman. Bisa kita analisa satu per satu, diantaranya :
1.       Grafis yang dibuat pada game ini sangatlah minim, sehingga hasilnnya kurang nyata dan sedikit masih kaku.
2.       Pencahayaan nya pun terkesan kurang terang, masih banyak sudut-sudut yang gelap dan kurang nya efek visualisasi.
3.       Efek yang ditimbulkan dari game ini pun kurang real dan sangat jadul, mulai dari efek lampu mobil, jalan dan lain sebagainya.
Mungkin masih banyak lagi kekurangannya jika kita bandingkan dengan game game jaman sekarang. Yaa jelas saja, jaman telah berubah dan teknologi pun semakin berkembang. Tetapi game ini pada jamannya dulu sudah sangat bagus dan setara dengan game2 saat ini yang grafis dan pencahayaannya sangat mumpuni. Jadi kesimpulannya, Perbedaan jaman dan tahun sangat mempengaruhi suatu keadaan dan sangat timbul perbedaannya jika dibandingkan dengan sesamanya.
Untuk bacaan lebih Lengkapnya, teman-teman dapat mengunjungi link dibawah ini :
https://musthovadhiqi.blogspot.co.id/2018/03/implementasi-grafik-komputer-dalam.htm

3. BISNIS DALAM GAME KOMPUTER
Saat ini perkembangan games di komputer sangat cepat. Para pengelola industri game berlomba-lomba untuk menciptakan game yang lebih nyata dan menarik untuk para pemainnya. Hal inilah yang membuat perkembangan games di komputer sangat cepat. Sehingga games bukan hanya sekedar permainan untuk mengisi waktu luang atau sekedar hobi. Melainkan sebuah cara untuk meningkatkan kreatifitas dan tingkat intelektual para penggunanya.
Perkembangan ini terlihat dari banyaknya game center yang terus bermunculan, terutama yang menyediakan jasa gameonline. Bukan tanpa alasan game online menjadi semakin marak dan digandrungi, karena fasilitas online memungkinkan sebuah game dapat dimainkan oleh 100 orang lebih secara bersama-sama dalam satu waktu. “Bisnis game online di dalam negeri masih besar, disebabkan ekonomi Indonesia yang tumbuh di atas 6% dari tahun ke tahun. Besarnya potensi pasar tersebut memberikan dukungan kepada Megaxus untuk tetap eksis,” kata Eva Mulawati, Managing Director PT. Megaxus Infotech dalam peluncurangame ‘Heroes of Atarsia’ di Senayan City, Jakarta. “(Bahkan) jumlah pemain game online Indonesia meningkat antara 5% hingga 10% setiap tahunnya, terutama karena semakin pesatnya infrastruktur internet,” tambahnya. Masuknya game online ke Indonesia sendiri baru terjadi pada tahun 2001 dengan masuknya Nexia Online. Sejak saat itu, berbagai game dari masing-masing genre seperti action, sports, hingga RPG (Role-Playing Game) terus bermunculan.
Untuk bacaan lebih Lengkapnya, teman-teman dapat mengunjungi link dibawah ini :
https://musthovadhiqi.blogspot.co.id/2018/03/bisnis-dalam-game-komputer.html

4. 3D ENGINE & SCANE GRAPH
Game Engine adalah beberapa mesin permainan hanya menyediakan real-time 3D kemampuan bukan berbagai fungsi yang dibutuhkan oleh game rendering. Mesin ini mengandalkan pengembang game untuk melaksanakan seluruh fungsi ini atau merakit dari komponen permainan middleware lainnya. jenis mesin umumnya disebut sebagai “mesin grafis,” “mesin rendering,” atau “mesin 3D” bukan istilah yang lebih mencakup “mesin permainan.
Game Engine menurut saya adalah sebuah engine yang menyediakan fasilitas real time 3D rendering dalam sebuah game.
Beberapa contoh aplikasi untuk membuat game 3D :
1. Ogre (Object-Oriented Graphics Rendering Engine)
2. Processing
3. Game Maker
4. Unity 3D
Untuk bacaan lebih Lengkapnya, teman-teman dapat mengunjungi link dibawah ini :
https://musthovadhiqi.blogspot.co.id/2018/03/3d-engine-scane-graph.html

5. DESAIN SKENARIO, SCRIPT & STORYBOARD DALAM SEBUAH GAME
Jika animator atau seorang programmer ingin membuat sebuah game atau animasi, maka sebelumnya dia akan membuat rancangan bentuk ataupun sketsa dari game yang akan dibuat nya selain itu dia juga akan membuat alur narasi atau storyboard sebagai acuan agar programmer tidak melenceng dari konsep yang telah dibuatnya.
a.       Desain Skenario
Pada sebuah game untuk menggambarkan bagaimana game tersebut akan dibuat dinamakan GDD( Game Design Document). GDD tersebut merupakan acuan yang digunakan oleh para anggota tim pengembang dalam pembuatan game. Hal itu sesuai dengan pendapat yang dikemukakan oleh Bob Gates (2004), “pembuatan game akan dimulai dari pembuatan game desain dokumen. Game desain dokumen digunakan untuk menjadi landasan pengembangan game tersebut, dan untuk menarik minat pembaca serta menginformasikan gambaran keseluruhan game yang akan dibuat kepada tim pengembang”.

b.      Script
Script sendiri dibedakan dari program, mengapa dari program? Jawabannya adalah karena program dikonversi atau diubah ke dalam file yang berseifat executable berbasis biner (0 atau 1) sebelum script tersebut dijalankan. Ketika script dijalankan tidak akan merubah isi didalamnya dan menterjemahkan setiap instruksi yang dilaksanakan. Script sendiri digunakan untuk mempersingkat proses pada saat kompilasi sampai pada akhirnya dijalankan. Game script sendiri berfungsi untuk mendokumentasikan rules dan core-mechanics pada sebuah game. Fungsinya adalah untuk membuat suatu aturan yang mendetail pada sebuah game dan agar kita bisa mengetahui cara memainkan game tersebut.

Untuk bacaan lebih Lengkapnya, teman-teman dapat mengunjungi link dibawah ini :
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

EXPONEN

EXPONEN
Est. 2016