Minggu, 11 Maret 2018

3D ENGINE & SCANE GRAPH

3D ENGINE & SCANE GRAPH
Pada kesempatan kali ini, saya akan mengulas sedikit tentang 3D Engine dan Scane Graph. Oke, tidak usah panjang lebar lagi mari kita simak ulasan berikut ini.
Game Engine adalah beberapa mesin permainan hanya menyediakan real-time 3D kemampuan bukan berbagai fungsi yang dibutuhkan oleh game rendering. Mesin ini mengandalkan pengembang game untuk melaksanakan seluruh fungsi ini atau merakit dari komponen permainan middleware lainnya. jenis mesin umumnya disebut sebagai “mesin grafis,” “mesin rendering,” atau “mesin 3D” bukan istilah yang lebih mencakup “mesin permainan.
Game Engine menurut saya adalah sebuah engine yang menyediakan fasilitas real time 3D rendering dalam sebuah game.
Beberapa contoh aplikasi untuk membuat game 3D :
11..       Ogre (Object-Oriented Graphics Rendering Engine)

adalah sebuah adegan yang berorientasi, fleksibel mesin render 3D (sebagai lawan dari mesin permainan) ditulis dalam C + + dirancang untuk membuatnya lebih mudah dan intuitif bagi developer untuk menghasilkan aplikasi dengan menggunakan hardware-accelerated grafis 3D. ORGE (Object Oriented Graphics Rendering Engine) ialah engine yang object oriented dan fleksibel 3D rendering pada game engine yang ditulis dalam bahasa C++ serta di desain untuk mampu men-development dengan intuitif dan mudah kepada aplikasi produksi dengan menggunakan utility hardware-accelerated 3D graphics.

22..       Processing
adalah bahasa pemrograman dan lingkungan pemrograman (development environment) open source untuk memprogram gambar, animasi dan interaksi. Digunakan oleh pelajar, seniman, desainer, peneliti, dan hobbyist untuk belajar, membuat prototipe, dan produksi. Processing digunakan untuk mengajarkan dasar-dasar pemrograman komputer dalam konteks rupa dan berfungsi sebagai buku sketsa perangkat lunak (software) dan tool produksi profesional. Processing adalah suatu projek terbuka yang diinisiasi oleh Ben Fray dan Casey Reas. Berkembang dari ide-ide yang dieksplorasi di Aesthetics and Computation Group (ACG) di MIT Media Lab. Projek ini kini terus diperbaiki dan dikelola oleh sejumlah kecil tim voluntir.  Processing mengaitkan konsep software pada prinsip-prinsip bentuk rupa, gerak, dan interaksi. Processing mengintegrasikan suatu bahasa pemrograman, lingkungan pemrograman, dan metodologi pengajaran ke dalam sistem terpadu.


33..       Game Maker

                                            
adalah software yang bisa membantu anda menjadi pengembang game komputer tanpa menggunakan coding sedikitpun. Bahkan anda bisa membuat game 3 Dimensi dan MultiPlayer jika anda mau. Anda mempunyai hak penuh dari software (game) yang anda buat termasuk menjual game tersebut !!!. Jika masih kurang anda bahkan bisa mendownload musik, efek suara, gambar, script, background dsb.

44..       Unity 3D
                                                                                                          
adalah sebuah game engine yang berbasis cross-platform. Unity dapat digunakan untuk membuat sebuah game yang bisa digunakan pada perangkat komputer, ponsel pintar android, iPhone, PS3, dan bahkan X-BOX.
Unity adalah sebuah sebuah tool yang terintegrasi untuk membuat game, arsitektur bangunan dan simulasi. Unity bisa untuk games PC dan games Online. Untuk games Online diperlukan sebuah plugin, yaitu Unity Web Player, sama halnya dengan Flash Player pada Browser.
Oke, sekian ulasan mengenai 3D Engine dan Scane Graph. Semoga Informasi ini bermanfaat bagi kita semua...

Sumber : - https://ibrahimrisyad45.wordpress.com
-           
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

EXPONEN

EXPONEN
Est. 2016