Minggu, 09 April 2017

[RANGKUMAN] BAB.I - FRAMEWORK WEB SCIENCE

FRAMEWORK WEB SCIENCE
Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan rangkuman pembahasan Jurnal "A Framework for Web Science" pada bagian “Web Science”. Mari kita baca pembahasan berikut ini.

1.      Web Science
                Web Science adalah ilmu yang mempelajari tentang efisiensi atau pemanfaatan dari sebuah web, agar dapat dirasakan manfaat dan kegunaannya pada banyak bidang di dalam kehidupan sehari-hari. Didalam web science kita nelajar bagaimana memberdayaan suatu sumber daya virtual sebagai media komunikasi praktis. Dengan tampilan web yang menarik dan abstratik agar memunculkan minat orang banyak untuk membaca web tersebut.
Dengan adanya web science, masyarakat pada umumnya dapat mengakses berbagai informasi yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan dengan lebih mudah. Web science ini lebih menekankan dalam proses penyajian data yang berhubungan dengan penyajian internet, sehingga dengan adanya web science kita semua dapat mengambil sisi positif dari berbagai perkembangan teknologi yang ada dan memanfaatkannya atau bahkan mengembangkannya dengan sebaik-baiknya.

2.      Tujuan Web Science
                Tujuan penting dari web science adalah untuk mengenali aspek penting dari identifikasi, interaksi dan representasi yang membuat web bekerja, dan mengijinkan implementasi dari system yang bisa mendukung dan mempromosikan perilaku yang diinginkan. Pengalaman menghubungkan dokumen dan menambah, data mengeluarkan kekuatan besar, kedua itu untuk penulis dan pengguna. Kemungkinan dari menggunakan kembali yang berhubungan dengan keuntungan dari konten memberdayakan penulis dengan meningkatkan pengaruh mereka, dan pengguna dengan menyediakan akses ke lebih banyak informasi dari yang dimungkinkan menggunakan teknologi lainnya.

3.      Arsitektur Web
Arsitektur dari Web mengeksploitasi teknologi sederhana yang berhubungan secara efisien, yang memungkinkan ruang informasi yang sangat fleksibel dan berguna, serta yang paling penting terukur. Dalam bagian pembuka ini kita akan meninjau secara singkat prinsip-prinsip utama yang mendasari arsitektur Web.
Web adalah ruang di mana sumber daya diidentifikasi oleh Uniform Resource Identifier (URI - [33]). Ada protokol yang di gunakan untuk mendukung interaksi antara agen, dan format untuk mewakili informasi sumber. Ini adalah bahan dasar dari Web. Pada desain, mereka tergantung utilitas dan efisiensi interaksi Web, dan desain itu bergantung pada beberapa prinsip, beberapa di antaranya adalah bagian dari konsepsi asli, sementara yang lain telah belajar dari pengalaman.
Jadi, jika kita menggunakan HTTP sebagai contoh, maka URI HTTP dapat di miliki dan di salurkan oleh orang atau organisasi, dan karenanya dapat dialokasikan dengan cara bertanggung jawab atau tidak bertanggung jawab. Misalnya, HTTP URI harus berpacu kepada sumber daya tunggal, dan dialokasikan untuk pemilik tunggal juga. Dengan adanya web kita bisa berkomunikasi dengan cara melakukan pengiriman pesan berupa data atau metadata yang membahas tentang sumber daya. Salah satu tujuan umum dari komusikasi ini adalah untuk mengakses sumber daya melalui URI, atau untuk menghormati URI.
Tidak semua URI itu dimaksud menyediakan sebuah akses untuk merepresentasikan sumber yang mereka indentifikasikan. Misalnya, mailto merupakan skema yang mengindentifikasikan sumber yang mencapai pengunaan internet mail, tetapi mereka tidak dapat di pulihkan dari URI dalam cara yang sama sebagai sebuah halaman webnya. Sebaliknya, URI yang digunakan untuk direct mail untuk mailbox tertentu, atau alternatifnya untuk mendapatkan surat darinya.

Oke, sekian pembahasan mengenai “Web Science”. Semoga Informasi ini bermanfaat bagi kita semua...
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

EXPONEN

EXPONEN
Est. 2016