Senin, 08 April 2019

PERBANDINGAN ANDROID DENGAN IOS

ANDROID DAN IOS
Perkembangan Teknologi dari hari ke hari semakin pesat, begitu pula dengan teknologi yang ditanamkan didalam handphone. Banyak orang sudah memakai smartphone dari kecil. Tapi mereka blm tentu pernah memakai handphone yang memiliki sistem operasi Symbian. Maka dari itu, saya akan membandingkan antara Android dan iOS.
Pada kesempatan kali ini, saya akan mengulas sedikit tentang Perbandingan Sejarah, Fitur dan Fungsi yang ada pada Sistem Operasi Android dan iOS. Oke, tidak usah panjang lebar lagi mari kita simak ulasan berikut ini.

ANDROID
Pertama-tama saya akan membahas tentang sejarah Android terlebih dahulu. Android Inc namanya, sebuah perusahaan yang didirikan oleh empat tokoh hebat yaitu Andy Rubin (dikenal sebagai bapak Android), Nick Sears dan Chris White di Palo Alto, California pada bulan Oktober tahun 2003. Dua tahun kemudian yaitu pada tanggal 17 Agustus 2005 diakusisi oleh perusahaan besar asal Amerika Serikat yaitu Google sehingga menjadikan Android Inc sebagai anak perusahaan Google. Para pendiri Android Inc masih bekerja pada perusahaan tersebut dan Andy Rubin sebagai pemimpin tim untuk mengembangkan Android.
Tujuan awal dari didirikannya Android yaitu untuk mengembangkan sebuah sistem operasi untuk kamera digital, namun pasar yang kamera digital dirasa tidak cukup besar oleh pendiri Android Inc sehingga mengalihkan tujuan awal tersebut ke telepon selular. Ketika diakusisi oleh Google, Android mulai menggunakan Kernel Linux untuk mengembangkan sistem operasi telepon seluler komersialnya. Pada tanggal 5 November 2007 merupakan langkah besar untuk Android karena pada tanggal tersebut Open Handset Alliance (OHA) didirikan. OHA sendiri merupakan konsorsium (perusahaan gabungan) dari perusahaan-perusahaan teknologi lainnya seperti Google, HTC, Sony, Samsung, Sprint Nextel, T-Mobile, Qualcomm dan Texas Instruments.
Karena OHA didirkan untuk mengembangkan standar terburka bagi perangkat seluler. Setehun setelah didirkan OHA. Masih di tanggal yang sama versi beta android dirilils oleh Google dan OHA, oleh karena itu tanggal 5 November dijadikan hari ulang tahun Android. Versi pertama dari Android (Android 1.0) resmi dirilis pada tanggal 23 September 2008 dan perangkat pertama yang menggunakan sistem operasi tersebut adalah HTC Dream. Sejak saat itu, setiap versi android yang dirilis oleh Google diurutkan berdasarkan alfabetis secara ascending (dari terkecil sampai terbesar) dimulai dari versi 1.5 yaitu Cupcake sampai sekarang versi 9.0 yaitu Pie.
Berikut ini tabel versi dari android :


iOS
Apple Inc adalah perusahaan teknologi yang berasal dari Amerika Serikat dan berpusat di Cupertino, California dan didirikan oleh Steve Jobs, Steve Wozniak dan Ronald Wayne pada April 1976. Apple Inc membuat dan mengembangkan berbagai perangkat lunak dan perangkat keras yang terkenal dengan kualitasnya, mulai dari smartphone iPhone, komputer tablet iPad, personal computer Mac, pemutar music portable iPod, smartwatch Apple Watch dan masih banyak lagi.
Dari semua produk yang dihasilkan oleh Apple Inc, iPhone merupakan perangkat yang paling banyak diminati saat ini. iPhone menggunankan system operasi pribadi buatan Apple Inc yaitu iPhone OS (nama awal dari iOS). iOS dibuat dari sistem operasi komputer Mac yaitu OS X memiliki fondasi Darwin dan karena itu iOS merupakan sistem operasi Unix.
Versi pertama dari iOS yaitu iOS 1 dirilis pada tahun 2007. Pada versi ini, pengembangan iOS masih sangat tertutup dan pengembangan aplikasi dilakukan oleh Apple Inc sendiri , tidak ada pengembang pihak ketiga untuk mengembangkan aplikasi yang mendukung sistem operasi iOS sehingga App Store (aplikasi untuk mendownload aplikasi lain yang mendukung iOS) belum ada pada versi iOS 1.
Mulai dari versi iOS 2 , Apple telah membuka dan mendukung pihak ketiga untuk mengembangkan aplikasi yang mendukung dengan iOS dengan menghadirkan App Store. Sampai saat ini dengan versi terbaru iOS yaitu iOS 12 , iPhone memilki penggemar tersendiri dengan keunikan yang diberikan oleh iOS.
Berikut ini merupakan tabel versi ios:

ANDROID VS IOS
Setelah melihat sejarah dari kedua sistem operasi tersebut, sekarang kita akan membandingkan kedua sistem operasi tersebut berdasarkan pengalaman saya pribadi. Oke langsung kita mulai saja.
Pertama kita mulai dari awal mula kedua sistem operasi tersebut, android dibuat dari KERNEL LINUX sedangkan iOS dibuat dari OS X yang merupakan sistem operasi komputer pribadi Mac milik Apple Inc , OS X masih keluarga dari UNIX.
Kedua, dari yang kita tahu sekarang android menjadi sistem operasi open source hal ini terbukti dengan banyaknya vendor smartphone yang menggunakan android sebagai sistem operasi smartphone mereka seperti Google, Samsung, Huawei, Oppo, Vivo, Xiaomi, Sony, Advan, Polytron dan masih banyak lagi sedangkan iOS hanya diproduksi, dikembangkan dan digunakan oleh Apple Inc.
Ketiga, karena android merupakan sistem operasi open source maka setiap vendor dapat melakukan kustomisasi antar muka pada sistem android yang mereka gunakan. Misalnya adalah Advan dengan IDOS nya, Polytron dengan FiraOS nya, Xiaomi dengan MIUI nya, Asus dengan ZenUI nya, Samsung dengan TouchWiz nya, LG dengan Optimus UI nya dan Oppo dengan ColorOS nya, Meizu dengan Flyme OS nya. Berbeda dengan android, iOS tidak dapat dikustomisasi oleh vendor lain karena hanya Apple Inc yang dapat melakukannya.
Keempat, smartphone yang menggunakan sistem operasi android dapat mengirim berbagai file ke sesama android dengan menggunakan Bluetooth atau aplikasi pihak ketiga seperti ShareIt dan mengirim file ke komputer pc dengan menggunakan kabel usb (baik tipe Mikro Usb maupun tipe C) sedangkan iOS pada iPhone hanya bisa mengirim file ke sesama iPhone harus menggunakan AirDrop dan mengirim file ke komputer PC harus menggunakan iTunes.
Kelima, software default dalam kedua sistem operasi tersebut. Android, browser default yang terdapat dalam smartphone android adalah Google Chrome, aplikasi untuk mengunduh aplikasi yang lainnya adalah Google Play Store, asisten pribadi menggunakan suara dikenal dengan Google Asistent dan maps menggunakan Google Maps sedangkan iOS browser defaultnya adalah Safari, aplikasi untuk mengunduh aplikasi yang lainnya adalah App Store, asisten pribadi menggunakan suara dikenal dengan Siri dan maps menggunakan Apple Maps (bisa download Google Maps.


Oke, sekian ulasan mengenai Perbandingan Sejarah, Fitur dan Fungsi yang ada pada Sistem Operasi Android dan iOS. Semoga Informasi ini bermanfaat bagi kita semua...


Referensi : 
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

EXPONEN

EXPONEN
Est. 2016